Dec 012006
 

Yup, betul. Kita bisa install Fedora dengan file-file .iso yang kita download. Walaupun anda mempunyai CD/DVD burning dan ingin membakar CD atau DVD, install melalui file .iso yang ada di hardisk tetap menarik karena jauh lebih cepat. Gak sampai setengah jam Fedora baru anda telah siap! Anda cuma punya partisi fat32? Juga bisa.

Yang perlu disiapkan:

  • Boot loader yang dipakai adalah GRUB. Kalau sebelumnya anda sudah mempunyai salah satu distro GNU/Linux biasanya boot loadernya sudah GRUB. Kalau belum, bisa bikin boot disk yang akan menjalankan GRUB terlebih dahulu. Minta tolong teman yang sudah pakai GRUB dan jalankan perintah-perintah ini:
    Masuk ke folder grub
    # cd /boot/grub/
    Siapkan disket, periksa apakah ada file stage1 dan stage2 di folder ini. Lanjutkan..
    # dd if=stage1 of=/dev/fd0 bs=512 count=1
    # dd if=stage2 of=/dev/fd0 bs=512 seek=1
    Dan siaplah disket GRUB-nya.
  • File .iso dari Fedora baik CD iso ataupun DVD iso. Letakkan dalam satu folder dan tulis letaknya. Oh ya, partisi tempat dimana iso itu berada harus diingat juga dan lakukan konversi untuk perintah di GRUB. Misalnya ada dipartisi /dev/hda4, konversinya (hd0,3). Kalau di /dev/hdb6 konversinya (hd1,5). Untuk di windows kalau di drive C biasanya dikonversi ke (hd0,0), tapi kalau di drive D biasanya dikonversi ke (hd0,4).
  • File-file yang diperlukan untuk booting ke Fedora installer, file-file ini bisa diambil dari CD1 file iso atau dari DVD, satu folder yang bernama isolinux. Bisa juga di-download dari mirror-nya Fedora.

Yak, itu saja. Ada lagi dink, keingintahuan dan backup data-data yang ada di hardisk anda tentunya. Kalau semua sudah, ayo kita mulai…

Booting ke GRUB dan masuk ke command line-nya GRUB. Kalau boot pakai floppy biasanya langsung masuk ke command line. Kalau pakai GRUB yang sudah ada langsung tekan ‘c’ untuk masuk ke command line

Setelah masuk command line, ketikkan perintah-perintah berikut tergantung dari persiapan kita sebelumnya:

# root (hd0,0)
folder disini dimisalkan isolinux, kalau berbeda silahkan sesuaikan

# kernel /isolinux/vmlinuz
# initrd /isolinux/initrd.img
# boot

Selanjutnya instalasi Fedora akan dimuali. Pertama-tama akan diminta setting language dan keyboard. Selanjutnya pilih media Hardisk untuk tempat media instalasinya. Disini akan didaftar partisi yang tersedia dan pilihlah partisi tempat kita menyimpan file-file iso. Selanjutnya kita tulis folder tempat menyimpannya, misal /fc6iso.

Dan… lanjutkan proses instalasi seperti menge-set partisi, memilih software-software sampai tiba saat proses instalasi Fedora mulai meng-install sofware-software. Sampai saatnya ada konfirmasi mulai menulis ke hardisk kita masih bisa kembali ke langkah-langkah sebelumnya dan belum ada perubahan apa-apa dikomputer kita.

Begitu mulai men-ginstall macam-macam software tinggal saja ke dapur bikin kopi atau teh atau nonton tv atau baca buku dan kembali lagi setengah jam-an. Fedora telah siap… Gak perlu ganti-ganti CD, gak perlu setting lagi, tinggal boot dan siap pakai…

Leave a Reply

%d bloggers like this: